Kalian Wajib Kunjungi Kabupaten Tolikara

Penulis : Ibu Peri Bella




Hay guys,aku mau share sama kalian tentang Kabupaten Tolikara, nah  bagi kalian yang  mau cari suasana yang tenang dan nyaman plus Sejuk.

kalian tidak perlu pergi  jauh-jauh ke pulau jawa atau ke Luar Negeri, cukup ambil tas ransel anda dan pergi  ke Wamena saja, nah dari wamena tinggal cap cuss  ke Tolikara.


               





Tahun lalu Pertama kali dengar akan ditempatkan  di Tolikara tuh, tau gak sih loh,  beta manangis susah bujuk rupa 3 hari mata Bangka-bangka punya, apalagi pas seminar Dari Bawaslu, aduh bikin tambah gugup.

Soalnya,  mereka bahasnya tentang Tolikara dan sontak membuat  semua teman-teman kami  akhir nya melirikan mata manja mereka ke arah kami.





Tapi pada akhirnya, semua ketakutan tersebut,  dibayar lunas dengan pemandangan nya yang indah guys, oh ia itu Singkat cerita perjalanan aku waktu ingin ke Tolikara yah.

Nah kalau kalian ke wamena dari jayapura hanya 45 menit saja,  kemudian untuk Harga Tiketnya yang paling Murah itu sekitar  Rp.350.000,-  s/d  Rp.650.000,-  Paling tinggi itu,  kalau susah tiket harganya  bisa lebih mahal dari itu.


Nah dari wamena menuju ke Tolikara itu memakan waktu sekitar  4jam, via  jalan Darat. 

Kemudian  harga per/ penumpangnya,  kalau gak salah sih  sekitar Rp.250.000,-/Rp.300.000,- .

( nah dari bandara wamena kalian bisa berjalan kaki atau naik ojek harganya Rp.10.000,-  saja, arah nya keluar dari bandara belok kanan,  lalu lurus saja  ke arah bank Mandiri, nah  di sebelah kanan dan kiri dekat bank mandiri,  disitu ada banyak angkot  yang menuju ke Tolikara, tapi jangan kaget yah angkotnya bukan seperti mobil carry dll.


Jangan takut guys, kalian gak bakalan hilang karena bank mandiri di kota  Wamena itu hanya satu doang jadi gak bakalan tersesat).

Oh iya, Kalian juga  akan kaget….!!!

Nah saya saja kaget awal-awal nya hahaa  jadi di tolikara itu,   hanya ada mobil HILUX, TRITON, PAJERO sama FORTUNER, soalnya saya tinggal disini saya  belum pernah melihat mobil-mobil lain selain mobil-mobil yang saya sebutkan diatas guys.


Oh ia pertama kali pergi ke tolikara itu kan, perginya pas malam hari,  jadinya  waktu  hanya yang saya lihat adalah  Hutan yang gelap, berteman kabut-kabut  manja,  tapi  begitu balik dari Tolikara ke kota wamena, 

Sio air Mata Jatuh dan udik parah,  bahkan terserah yah mau percaya atau tidak,setiap kali saya menyusuri yang namanya,  jalan wamena – Tolikara atau sebaliknya pasti saya akan berlinanng air mata, terserah mau bilang lebay atau apalah ituhhh,  masalahnya indah sekali.


Sebelum ke Tolikara dan Puncak Jaya,  kalian akan melewati yang nama nya Puncak Mega, sio tempat itu punya indah sio saja, Puji Tuhan  saya sudah pergi ke Puncak Mega  di waktu Sunrise dan Malam hari waktu lagi Bulan terang guys,  Sumpah indah sekali malam itu.


sampai hari ini saya  tidak pernah menyangka kalau Tanah papua khusus di Tolikara view atau pemandangan nya akan seindah ini, init uh bener-bener diluar dari dugaan saya tentang Tolikara.

Oh iya, tidak lupa juga saya ingin  sedikit memamerkan,  bagaimana sih  pemandangan didepan Rumah kami saat di pagi hari penasaran kan????

Di depan Rumah kami itu pemirsah, ada banyak hamparan gunung-gunung dan kabut disore hari dan di pagi hari, dingin nya brrrrrrrrr jangan di Tanya yah,  kadang-kadang  bisa sampai suhu 5 Derajat.


Jadi jangan kaget yah pemirsah, kalau  yang bernama minyak-minyakan atau apalah itu intinya MINYAK, sudah pasti  bakalan terjadi pembekuan yang hakiki, apalah itu intinya BEKU.

Cuman disini kekurangannya ialah di internet dan fasilitas listrik,  tapi apapun itu saya sangat bersyukur karena ada sedikit kemajuan, jadi tuh sekarang sudah ada jaringan 4G (walau kadang-kadang suka lemot tapi Thanks God masih bisa online untuk sekedar pamer keindahan kota Karubaga Tercinta)


Jadi yah pemirsah saya itu kan hobby nya suka pamer yah kan, jadi saya   selalu wajib mengabadikan foto di tempat-tempat disini,  yang saya anggap bagus, kemudian aku pamerkan  foto tersebut  di medsos saya yuhuiiii.

Disini awal-awalnya memang membosankan,  tetapi kalau orang yang dari kota besar, saya yakin dan  saya bisa pastikan anda akan betah karena alam dan pemandangan nya serta udaranya.

Oh ia, Selama tinggal disini anda gak bakalan tau apa itu keringat hahaha, Karena disini tuh  dingin banget guys.


Oh iya  Banyak juga  tempat yang ingin saya explore,  namun belum sempat saya kunjungi guys,  karena sebagai penduduk Indonesia yang baik,  saya wajib mengikuti  anjuran pemerintah untuk  stay at home.

Lanjut, Bukan hanya itu ajah guys,  Bagi yang hobby foto-foto manja,  kalian harus datang di Bulan maret dan april, kenapa???? Kok hanya bisa di bulan ituh ???


Jawaban nya adalah karena,  semua rumput di perjalanan Tolikara akan berubah  warna menjadi warna  Putih,  kemudian dari warna putih itu si rumput ini  pun akan  berubah menjadi warna  merah di Bulan mey, keren kan? Nah karena berubah warnanya di bulan maka namanya sering di sebut RUMPUT DI BULAN MEY.

Oke sekian curhat aku tentang sedikit yang aku tahu tentang Tolikara, Thank you udah baca Tulisan aku yang panjang lebar luas dan dalam ini yah guys Akhir kata

Jangan lupa visit ke Tolikara yah guys …
God bless you all

Penulis : Ibu Peri Bella



Posting Komentar

0 Komentar